Program Panduan Belajar Cara Membaca Al-Qur’an (Tajwid)

Pembelajaran dengan e-learning menawarkan sebuah metode baru dalam proses belajar mengajar.  E-learning dapat dianggap sebagai piranti belajar mandiri seorang murid ataupun juga sebagai piranti bantu dalam kelas tradisional.  Sebagai piranti belajar mandiri, e-learning memberikan pengajaran tidak memandang tempat dan waktu siswa belajar (Rakhmadi, 2009, h. 190).  Siswa dapat belajar dimana saja dan kapan saja.  E-learning dapat berperan sebagai seorang guru maya.  Bahkan seseorang yang bukan siswa sekolah pun dapat belajar dengan e-learning.  Sebagai piranti bantu belajar, e-learning menawarkan bantuan pembelajaran ketika metode tradisional tidak dapat melakukannya.  Bantuan yang ditawarkan dapat berupa petunjuk penyelesaian permasalahan, materi-materi perkuliahan, pengerjaan soal-soal, bahkan hasil pembelajaran itu sendiri.

Program Panduan Belajar Cara Membaca Al-Qur’an (Tajwid) merupakan program berbasis e-learning yang mengajarkan tata cara  membaca Al-Qur’an yang biasa dikenal dengan istilah TAJWID.  Tajwid menurut bahasa berarti memperbaiki sesuatu, menurut istilah berarti membunyikan setiap huruf dengan makhroj (suara yang keluar) yang benar serta memenuhi hak-hak setiap huruf yakni sifat aslinya.  Pengertian ilmu tajwid secara keseluruhan adalah ilmu yuang digunakan untuk mengetahui bagaimana sebenarnya membunyikan huruf-huruf dengan benar, baik huruf yang berdiri sendiri maupun huruf yang dirangkai (Asya’ari, 1987, h. 7).  Tujuan ilmu tajwid adalah memelihara bacaan Al-Qur’an dari kesalahan dan perubahan serta memelihara lisan (mulut) dari kesalahan membaca.  Mempelajari ilmu tajwid hukumnya fardlu khifayah, sedangkan membaca Al-Qur’an dengan benar (sesuai ilmu tajwid) hukumnya fardlu ’ain yang berarti wajib.  Mempelajari ilmu tajwid merupakan prioritas utama sebelum mempelajari ilmu-ilmu pengetahuan lain (Zarkasyi, 1995, h. Vi).

Isi dari Program Panduan Belajar Cara Membaca Al-Qur’an (Tajwid) ini sangat lengkap dan mencakup ilmu-ilmu Tajwid kerena bahan yang diajarkan diambil dari berbagai referensi.  Program ini juga dilengkapi audio dan video yang berguna untuk membantu user belajar, sehingga user dapat melihat dan mendengar langsung suara dan video saat membaca huruf ataupun ayat.  Program ini menggunakan model video seorang lulusan Yayasan Pendidikan Al-Qur’an dengan Metode Qiroaty cabang kota Semarang, dan juga dilampirkan sertifikat resmi dari Yayasan tersebut, sehingga kualitas program sudah tidak diragukan lagi.  Program ini dapat digunakan oleh berbagai kalanganusia, karena tampilannya yang alami dan disukai oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Bahan-bahan serta tampilan Program Panduan Belajar ini adalah sebagai berikut :

 

Bab 1 (Pengenalan Huruf Hijaiyah, Makhroj, dan Tanda Baca)

Bahan pelajaran pertama yang diajarkan adalah tentang pengenalan huruf hijaiyah, makhroj, dan tanda baca.  Pada bab ini membahas tentang perkenalan dasar-dasar ilmu tajwid seperti pengenalan huruf-huruf hijaiyah, makhroj, tanda-tanda baca, dan merangkai huruf arab.

Bab 1 (Pengenalan Huruf Hijaiyah, Makhroj, dan Tanda Baca)

 

Bab 2 (Hukum Nun Sukun dan Tanwin)

Bahan pelajaran kedua yang diajarkan adalah hukum nun sukun dan tanwin.  Bab ini membahas kasus-kasus pada hukum nun sukun dan tanwin yang meliputi Idzhaar Khalqii, Idghaam Bighunnah, Idghaam Bilaaghunnah, Iqlaab, dan Ikhfaa’.

Bab 2 (Hukum Nun Sukun dan Tanwin)

 

Bab 3 (Hukum Mim Sukun)

Bahan pelajaran ketiga yang diajarkan adalah hukum mim sukun.  Bab ini membahas kasus-kasus pada hukum mim sukun yang meliputi Idzhaar Syafawii, Ikhfaa’ Syafawii, dan Idghaam Miemii.

Bab 3 (Hukum Mim Sukun)

 

Bab 4 (Hukum Nun Tasydid dan Mim Tasydid)

Bahan pelajaran keempat yang diajarkan adalah hukum nun tasydid dan mim tasydid.  Bab ini membahas tentang pengertian nun tasydid dan mim tasydid yang juga disebut ghunnah (dengung).

 

 

Bab 5 (Idghaam)

Bahan pelajaran kelima yang diajarkan adalah Idghaam.  Bab ini membahas tentang pengertian dari Idghaam tersebut serta kasus-kasus pada bacaan Idghaam yang meliputi Idghaam Mutamaatsilayn, Idghaam Mutajaanisayn, dan Idghaam Mutaqaaribayn.

Bab 5 (Idghaam)

 

Bab 6 (Lam Ta’arif)

Bahan pelajaran keenam yang diajarkan adalah Lam Ta’rif.  Bab ini membahas tentang pengertian Lam Ta’rif serta contoh-contoh kasus pada bacaan Lam Ta’rif yang meliputi Idzhaar Qomariyah dan Idghaam Syamsiyah.

Bab 6 (Lam Ta’arif)

 

Bab 7 (Tarqiiq dan Tafkhiim)

Bahan pelajaran ketujuh yang diajarkan adalah tarqiiq dan tafkhiim.  Bab ini membahas tentang huruf-huruf yang harus dibaca secara tarqiiq (tipis/ringan) dan tafkhiim (tebal/berat).  Huruf-huruf tersebut antara lain huruf-huruf Isti’laa’, huruf lam, dan huruf ro’.

Bab 7 (Tarqiiq dan Tafkhiim)

 

Bab 8 (Huruf Qalqalah)

Bahan pelajaran kedelapan yang diajarkan adalah huruf qalqalah.  Bab ini membahas tentang pengertian tentang qalqalah dan contoh-contoh huruf yang harus dibaca secara qalqalah.  Kasus yang terjadi dalam huruf qalqalah adalah qalqalah shughro dan qalqalah kubro.

Bab 8 (Huruf Qalqalah)

Bab 9 (Mad)

Bahan pelajaran kesembilan yang diajarkan adalah mad.  Bab ini membahas tentang pengertian dari mad tesebut dan beberapa kasus yang terjadi pada bacaan mad.  Kasus-kasus yang terjadi pada bacaan mad antara lain :

Mad Thobi’ie
Mad Wajib Muttashil
Mad Jaaiz Munfashil
Mad Lazim Mutsaqqol Kilmi
Mad Lazim Mukhoffaf Kilmi
Mad Layn
Mad ‘Aridl Lissukun
Mad Shilah Qoshiroh
Mad Shilah Thowilah
Mad ‘Iwadl
Mad Badal
Mad Lazim Kharfi Mukhoffaf
Mad Lazim Kharfi Mutsaqqol
Mad Lazim Musyabba’

Bab 9 (Mad)

Bab 10 (Waqof)

Bahan pelajaran kesepuluh yang diajarkan adalah waqof.  Bab ini membahas tentang pengertian waqof dan bacaan-bacaan yang terdapat waqof.  Bacaan-bacaan yang terdapat waqof antara lain :

Bacaan yang berakhiran huruf sukun.
Bacaan yang berakhiran huruf berharokah biasa, kasrotain dan dhomatain.
Bacaan yang berakhiran huruf Ta’ Marbuthoh.
Bacaan yang berakhiran huruf yang sebelumnya huruf mati.
Bacaan yang berakhiran huruf yang sebelumnya huruf mad atau mad layn.
Bacaan yang berakhiran huruf berharokah fathatain.
Bacaan yang terdapat tanda-tanda waqof.

Bab 10 (Waqof)

Latihan-latihan Soal

Halaman latihan-latihan soal merupakan halaman yang berisi soal-soal yang sebelumnya telah diajarkan di dalam program.

Latihan-latihan Soal

 

 

Program Panduan Belajar Cara Membaca Al-Qu’an ini merupakan proram terlengkap dari sisi kelengkapan isi dan fasilitas/fitur untuk menunjang pembelajaran, dan merupakan program pembelajaran tajwid pertama di Indonesia.   Kapasitas program ini sebesar 180 MB dan dikemas dalam 1 (satu) buah CD.

Agar Anda tidak penasaran silahkan memesan program ini seharga Rp. 50.000 belum termasuk ongkos kirim.  Untuk ongkos kirim :

P. Jawa = Rp. 15.000

Luar. Jawa = Rp. 25.00

Apabila Anda berminat dengan program ini, Anda dapat menghubungi saya di halaman Contact Me.

About these ads

Tentang Ady

Saya adalah manusia biasa yang tak luput dari dosa, tak pantas di surga, tapi takut neraka.

Posted on 2 Maret 2010, in Software. Bookmark the permalink. 18 Komentar.

  1. Assalamu’alaikum.
    saya pengen sih tp yang gratisannya, buat bljr & berbagi ilmu.
    wassalaam

  2. tolong saya dikasih yang gratis untuk bekal pembelajaran anak-anak di lingkungan saya agar lebih mendalami lagi tentang tata cara baca al – qur’an yang baik dan benar…

  3. sebenarnya software yg gratis dan bayar itu sama, hanya saja saya ingin memberikan secara cuma-cuma kalau ingin gratis, sekaligus untuk dakwah… :)
    Untuk sekarang saya blm menyediakan Link untuk download, oleh karena itu untuk memiliki CD software tajwid tersebut bisa menghubungi saya agar bisa saya kirim lewat pos. Tapi karena lokasi Anda di Solo, Anda bisa menghubungi saya dan tdk perlu lwt pos. Terima kasih.

  4. Wa’alaikum salam……
    Anda bisa menghubungi saya untuk CD softwarenya. Terima kasih…

  5. Assalamu ‘alaykum wr.wb..
    saya mau pesen softwarenya untuk pembelajaran. Pengennya sih gratis. Tapi biar ilmunya tambah berkah, saya beli aja. Sekalian ibadah. hehe..
    Afwan ya.. Transfer uangnya dimana?

  6. Wassalamu ‘alaikum….
    Silahkan Anda hubungi saya, dan untuk alamat menghubungi saya silahkan lihat pada halaman Contact Me.

  7. Assalamu’alaikum……..
    Afawan Akhi……
    Bagaimana cara mendapatkan Program Panduan Belajar Cara Membaca Al-Qur’an (Tajwid.
    Syukran….

  8. Wa’alaikum salam…
    Untuk mendapatkan program ini silahkan lihat halaman contact me, atau bisa kirim permintaan via email.
    Terima kasih..

  9. asslkm. saya mau yang gratis, af1. jq

  10. halaman contac me nya selalu eror. af1 jd Bagaimana cara mendapatkan Program Panduan Belajar Cara Membaca Al-Qur’an?

  11. SALAM , SAYA INGIN BERTANYAKAN ……….

    ADA SEDIKIT PERBEZAAN TAJWID , CARA MEMBACA BISMILLAH DAN AL FATIHAH .

    1.0 RAMAI ORANG ORANG MUDA MEMBACA BISMILLAH , SEPERTI INI ………. Bismillahir-RAHMA nir-Rahim .

    RAMAI ORANG TUA TUA PULA , MEMBACA …….
    Bismillahir-RAHMAN nir-Rahim .

    APA TAJWID YANG BETUL , ……….. RAHMA ATAU RAHMAN ?

    2.0 BACAAN AL FATIHAH PULA , RAMAI ORANG ORANG MUDA MEMBACA Alhamdu-lillah hirabbil alamin – AR-RAHMAH nir-rahim – Maliki yaumiddin ……….

    RAMAI ORANG TUA TUA PULA , MEMBACA Alhamdu-lillah hirabbil alamin – AR-RAHMAN nir-rahim – Maliki yaumiddin ……….

    APA TAJWID YANG BETUL , ……….. RAHMA ATAU RAHMAN ?

    Wassalam ,
    Walaahuallam bishawab

    DARIPADA ,

    ISMAIL AHMAD
    KUALA LUMPUR , MALAYSIA

  12. @ISMAIL AHMAD
    @Ismail = Kata ROHMA dalam bismillah… pada huruf mim dan nun tidak disukunkan, jadi membacanya pun dipisah yaitu “Bismillaa hirrohmaa nirrohiim”. Begitu pula dalam surat Al-Fatihah.
    Dan perlu diingat adalah tidak ada huruf Ra, tetapi Ro’. Tidak ada Rahma, tetapi Rohma.
    Terima kasih semoga bisa bermanfaat.

  13. assalamu’alaikum……
    saya mau psn yg DVD za yg verbatim bs ga?

    wassalamu’alaikum…………

  14. Assalamu’alaikum.. saya berminat membeli CD nya. kalau boleh tau dikirim/transfer lewat Bank mana? terima kasih

  15. Silahkan hubungi saya melalui halaman contact me.
    Terima kasih.

  16. Asslamu’alaikum… Saya butuh program qur’an tersebut di atas untuk mengajar santri di musolla yang ada plosok jember. namun saya kesulitan bagaimana cara untuk medapatkan cd nya anak didik yang ada sangat butuh program ini.
    umar sms 0336 7741964, jatiroto-sumberbaru-jember. terima kasih ats bantuannya.

  17. cari pahala ibadah dgn cara uang. modern …bravo

  18. baru alhamdulillah dapat berbagi ilmu dengan jama’ah pengajian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: