Mau Hidup 100 Tahun? Jangan Gaptek!

NEW YORK – Tak banyak orang yang bisa panjang umur hingga lebih dari 100 tahun. Banyak orang bertanya-tanya apa rahasianya sehingga satu-satunya cara adalah mengamati gaya hidup orang-orang yang sering disebut sebagai centenarian itu.

Rupanya, orang-orang yang awet usia itu cenderung gaul dan tidak gaptek alias mengikuti perkembangan zaman. Buktinya dari tahun ke tahun, semakin banyak centenarian yang menikmati musik lewat iPod, rutin menonton video di YouTube, berkirim SMS, dan menggunakan Wii Fit.

Hasil survei Gfk Roper yang dilakukan bersama Evercare di United Healthcare Medicare Solutions AS terhadap 100 orang centenarian menunjukkan 8 persen rutin berkirim SMS atau naik dari 1 persen saja setahun lalu. Selain itu, 12 persen di antara mereka menggunakan iPod, dibanding tiga tahun sebelumnya yang baru 4 persen.

“Saya kira setiap orang harus tahu apa yang diinginkannya dan tidak hanya menerima apa yang diberikan kepadanya,” ujar Marie Keeler (101) dari Minnesota menanggapi rahasia panjang umurnya seperti dilansir Reuters, Selasa (4/5/2010).

Kebanyakan centenarian itu juga mengaku mengikuti perkembangan budaya pop dengan mendengarkan musik atau melihat film melalui komputer. Bahkan 11 persen mengaku sering nonton video di YouTube.

Namun, kunci utamanya yang rata-rata dikatakan mereka adalah selalu ceria dan bergaya hidup sehat. Sekitar 40 persen mengaku rutin berjalan-jalan atau bersepeda. Uniknya 1 persen sudah menggunakan Wii Fit sebagai sarana olahraganya. Tiga perempat para centenarian selalu mengonsumsi makanan sehat dan sepertiga di antaranya mengonsumsi makanan organik.

Sumber : www.kompas.com

About Ady

Saya adalah manusia biasa yang tak luput dari dosa, tak pantas di surga, tapi takut neraka.

Posted on 7 Mei 2010, in Berita Teknologi. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: